Blogger templates

Pages

Thursday 21 November 2013

ternyata makan mie campur nasi itu berbahaya!


Mie instant sudah menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan oleh sebagian besar penduduk tanah air. Pengolahannya yang tergolong mudah membuat makanan cepat saji ini menjadi andalan ketika menu makanan utama tidak ada. Sementara itu Nasi merupakan makanan pokok sebagian besar orang Indonesia. Kadang mengkonsumsi mie intant belum cukup membuat perut kenyang. Maka ditambahkanlah nasi sehingga mie instant campur nasi diharapkan bisa membuat perut kenyang. Namun tahukah sobat Spesial jika mngkonsumsi mie instant dicampur dengan nasi tidak disarankan karena memiliki efek samping berikut ini.

Mie instant dan nasi pada dasarnya mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi. Bayangkan saja dalam satu porsi mie instan sudah terkandung 400 kalori. Jadi jika satu porsi mie instant ditambah dengan nasi maka perbandingan kalorinya meningkat hingga 700 kalori. Jumlah itu sama dengan makan satu porsi makanan nasi lengkap dengan lauk pauknya. Sementara kebutuhan kalori rata-rata manusia dalam sehari adalah 1500 kalori untuk wanita dan 2000 kalori untuk pria.

Perpaduan karbohidrat dari nasi dan mie instan dapat menaikkan indeks glikemik, sehingga gula dalam darah melonjak drastis. Inilah yang membuat semakin tingginya risiko masalah diabetes. Hanya makan nasi dan mie instan juga tidak memenuhi kecukupan gizi lain seperti protein, serat, vitamin dan sebagainya. Tingginya kalori dari mie instan dan nasi juga membuat tubuh mudah gemuk.

Jika Anda memang suka makan mie instan, sebaiknya batasi, setidaknya seminggu sekali saja. Ketimbang mencampur dengan nasi, akan lebih baik jika mie instan ditambah potongan sayur, daging, telur dan sebagainya. Ingat, mie instan mengandung garam dan MSG yang sangat tinggi, sehingga jumlah yang terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan Anda.

0 comments:

Post a Comment