A. Prosedur Kegiatan
Dalam pembuatan media animasi Pembelajaran karakter untuk anak usia dini adalah sebuah kegiatan yang tidak bisa dilakukan secara sembarangan, tetapi harus mengikuti prosedur tertentu. Secara umum, prosedur atau langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui 3 tahapan yaitu :
(1) kegiatan pendahuluan;
(2) kegiatan inti;
(3) kegiatan akhir dan tindak lanjut
1. Kegiatan Pendahuluan
Hal-hal yang dilakukan dalam kegiatan pendahuluan, yaitu :
a) Menciptakan Kondisi Awal Pembelajaran; meliputi: membina keakraban, menciptakan kesiapan belajar peserta didik dan menciptakan suasana belajar yang demokratis.
b) Apersepsi meliputi: kegiatan mengajukan pertanyaan untuk mengaitkan materi yang akan dibelajarkan dengan materi atau pengetahuan yang telah dikuasai anak sebelumnya, memberikan komentar atas jawaban yang diberikan peserta didik dan membangkitkan motivasi dan perhatian peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
Hal-hal yang disampaikan oleh Depdiknas (2003) bahwa dalam kegiatan pendahuluan, perlu dilakukan pemanasan yang, didalamnya mencakup:
1) bahwa pelajaran dimulai dengan hal-hal yang diketahui dan dipahami peserta didik;
2) motivasi peserta didik ditumbuhkan dengan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi peserta didik; dan
3) peserta didik didorong agar tertarik untuk mengetahui hal-hal yang baru.
2. Kegiatan Inti
Kegiatan inti pada dasarnya merupakan kegiatan untuk mencapai tujuan pembelajaran atau proses untuk pencapaian kompetensi, yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik, degan menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan materi pelajaran hal-hal yang dilakukan dalam kegiatan inti, yaitu :
a. Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai, baik secara lisan maupun tulisan,
b. Menyampaikan alternatif kegiatan belajar yang akan ditempuh, dan
c. Membahas materi.
Depdiknas (2003) mengemukakan tiga bentuk kegiatan ini yaitu:
A. Kegiatan eksplorasi
Merupakan usaha memperoleh atau mencari informasi baru. Yang perlu diperhatikan dalam kegiatan eksplorasi, yaitu:
(a) Memperkenalkan materi/keterampilan baru;
(b) Mengaitkan materi dengan pengetahuan yang sudah ada pada peserta didik;
(c) Mencari metodologi yang paling tepat dalam meningkatkan penerimaaan peserta didik akan materi baru tersebut.
B. Konsolidasi
Merupakan negosiasi dalam rangka mencapai pengetahuan baru. Dalam kegiatan konsolidasi pembelajaran yang perlu diperhatikan adalah :
(a) Melibatkan peserta didik secara aktif dalam menafsirkan dan memahami materi ajar baru;
(b) Melibatkan peserta didik secara aktif dalam pemecahan masalah;
(c) Meletakkan penekanan pada kaitan struktural, yaitu kaitan antara materi pelajaran yang baru dengan berbagai aspek kegiatan dan kehidupan di dalam lingkungan; dan
(d) Mencari metodologi yang paling tepat sehingga materi ajar dapat terproses menjadi bagian dari pengetahuan peserta didik.
C. Pembentukan sikap dan perilaku
Yang perlu diperhatikan dalam pembentukan sikap dan perilaku, adalah :
(a) Peserta didik didorong untuk menerapkan konsep atau pengertian yang dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari;
(b) Peserta didik membangun sikap dan perilaku baru dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan pengertian yang dipelajari;
(c) Cari metodologi yang paling tepat agar terjadi perubahan sikap dan perilaku peserta didik.
3. Kegiatan Akhir dan Tindak Lanjut Pembelajaran
Hal-hal yang dilakukan dalam kegiatan akhir dan tindak lanjut pembelajaran, yaitu:
(a) Penilaian akhir;
(b) Analisis hasil penilaian akhir;
(c) Tindak lanjut;
(d) Mengemukakan topik yang akan dibahas pada waktu yang akan datang
(e) Menutup kegiatan pembelajaran.
Sementara itu, Depdiknas (2003) mengemukakan dalam kegiatan akhir perlu dilakukan penilaian formatif, dengan memperhatikan hal-hal berikut:
(a) Kembangkan cara-cara untuk menilai hasil pembelajaran peserta didik
(b) Gunakan hasil penilaian tersebut untuk melihat kelemahan atau kekurangan peserta didik dan masalah-masalah yang dihadapi guru
(c) Cari metodologi yang paling tepat yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
0 comments:
Post a Comment