Blogger templates

Pages

Monday 25 February 2013

Tutorial Cara Flash Xperia X8 Ke Jelly Bean

Tutorial Cara Flash Xperia X8 Ke Jelly Bean - Kali ini akan saya share tutorial merubah Xperia X8 menjadi Jelly Bean, jadi ponsel android anda yang masih dalam keadaan stock (Eclair) akan naik ke lima tingkat langsung melewati Frozen Yogurt (Froyo), Ginger Bread, Honey Comb dan Ice Cream Sandwich (ICS). Tahu kan itu apa? Iya itu makanan gan :D #Bener.

Ini pertama kalinya saya share tutorial flashing X8. Biasanya kalau gak Xperia X10 Mini, Xperia X10 Mini Pro ya Samsung Galaxy Young soalnya itu yang menurut saya paling familiar disekitar saya dan di dunia maya selain Xperia X8.

Beberapa bulan yang lalu saya memiliki Xperia X8. Keren sih, layarnya tak sekecil Xperia X10 Mini. Digenggam enak, dioprek juga gampang, namun besar kamera yang tertanam tak sebesar X10 Mini. Kemudian saya jual dan saya beli X10 Mini. Tapi bukan karena alasan kamera lo. Ceritanya pada waktu itu saya sedang prakerin di gresik selama tiga bulan. Saya pakai dua handphone. Satu untuk sms'an dan satunya lagi buat internetan (X8). Dua bulanan saya prakerin ada masalah sama handphone itu. Saya lelah dua jam sekali harus men-charge ponsel tersebut. Lama charge-nya juga tidak sepadan. Charge 6 jam penuh, dipakai dua jam habis. Kalau di charge trus gak diapa-apain, 6 jam baterai habis. Konyol kan?

JB Mini Project
Baik untuk mem-flash X8 ke Jelly Bean ada beberapa persiapan yang harus diperhatikan namun perlu anda ketahui terlebih dahulu, pada dasarnya smartphone kelas low-end seperti X8 tidak mendapat jatah upgrade ke versi android yang lebih tinggi -apalagi Jelly Bean-. Jadi jangan menyalahkan siapa-siapa termasuk saya kalau ponsel yang anda miliki nanti menjadi boros baterai, sering error dan force close, dan lain-lain karena itu sudah menjadi resiko. ROM yang akan di install nanti bukan ROM official dari vendor akan tetapi ROM custom ROM bikinan para mastah-mastah yang gemar utak-atik android (atau apa itu namanya. Orang-orang bilangnya gitu :p "mastah").

Beberapa fitur yang akan work di X8 anda apabila di flash ke Jelly Bean antara lain :

• Display
• Touchscreen
• GSM/Data
• WiFi
• Bluetooth
• HW Acceleration
• Usb (Storage dan Adb)
• Charging
• Audio
• Microphone
• Vibration
• Lockscreen
• Tombol Hardware
• SuperUser
• Gallery
• Mengambil Screenshot
• Library baru Adreno200
• Terminal
• Sensors
• LED/Lights
• GPS
• Camera
• FM Radio
• Camcorder
• H/W Decoder

Berikut syarat-syarat Tutorial Cara Flash Xperia X8 Ke Jelly Bean.
Jadi persiapkan semua kebutuhan yang saya sebut diatas. Unlock bootloader berfungsi untuk membuka kunci loader supaya X8 bisa dirubah kernelnya. Baseband 015 merupakan baseband custom. 
 
*Sebelum install Custom ROM ada baiknya anda membackup data-data penting seperti contact, pesan, aplikasi, karena setelah flashing itu semua nanti akan hilang. Referensi : Mengembalikan Aplikasi yang Hilang Setelah Flashing atau Ganti SDCard 
 
Hal pertama yang harus anda kerjakan yaitu merubah kernel dengan flashing melalui Flashtool. Setelah flashing kernel selesai, anda akan mendapatkan CWM Recovery terinstall di Shakira anda. Cara masuknya setelah X8 baru mau menyala cepat tekan tombol back berulang-ulang sampai masuk ke menu CWM Recovery.
 
Di menu CWM, pilih Wipe data / factory reset dengan menekan tombol volume untuk menaik turunkan cursor dan tombol home untuk OK. Selanjutnya geser ke install zip from sdcard lalu choose zip from sdcard. Pilih ROM JB Mini Project yang sudah anda pindah kemudian klik OK. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Satu lagi, lakukan hal yang sama untuk Google Apps nya.
 
Beres, sekarang reboot dan tunggu beberapa menit. Mungkin proses booting untuk yang pertama kalinya ini cukup memakan waktu karena ROM nya masih 'menyesuaikan'.
 
Sebagai catatan :
* Pastikan lagi anda sudah me-root ponsel anda
* Pastikan lagi anda sudah meng-unlock bootloader ponsel anda
* Pastikan lagi baseband anda sudah diganti dengan xxx015
* Segala bentuk kerusakan bukan tanggung jawab saya. Apabila ada yang ingin anda tanyakan, silahkan isi pertanyaan didalam kolom komentar. Komentar Anonim saya terima. 
Screenshots :
Screenshot 1
Screenshot2
Screenshot 3
Selamat mengupgrade :)

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.

0 comments:

Post a Comment